Minggu, 02 Desember 2012

Manusia dan Cinta Kasih


Pengertian Cinta Kasih

Rasa sangat suka atau sangat tertarik hatinya itulah cinta. Sedangkan kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta.
Peran cinta dalam kehidupan sangat penting, sebab cinta merupakan landasan dalam hubungan kita kepada TuhanYang Maha Esa, kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab.
Di dalam kitab Suci Alquran, terdapat fenomena cinta yang bersembunyi di dalam jiwa manusia. Cinta memiliki tiga tingkatan-tingkatan : tinggi, menengah dan rendah.
Tingkatan cinta tersebut di atas adalah berdasarkan firman Allah dalam surah At-Taubah ayat 24 yang artinya sebagai berikut:
katakanlah: jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai; adalah lebih kamu cintai dari pada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.?


Cinta Menurut Ajaran Agama

Kenampakan cinta dalam manusia terdiri dalam berbagai bentuk. Kadang mencintai dirinya sendiri, mencintai orang lain. Atau juga istri dan anaknya, hartanya, atau Allah dan Rasulnya. Berbagai bentuk cinta ini bisa kita dapatkan dalam kitab suci Al-Quran.

Cinta diri

Berkaitan pada kecintaan terhadap dirinya sendiri untuk tetap hidup, mengembangkan potensi diri dan mencintai segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan pada dirinya. Sebaliknya ia membenci segala sesuatu yang menghalanginya untuk hidup, berkembang dan mengaktualisasikan diri. Ia juga membenci segala sesuatu yang mendatangkan rasa sakit, penyakit dan mara bahaya.
Al-Quran telah mengungkapkan cinta manusia terhadap dirinya sendiri ini, melalui ucapan Nabi Muhammad SAW, bahwa seandainya beliau mengetahui hal-hal gaib, tentu beliau akan memperbanyak hal-hal yang baik bagi dirinya dan menjauhkan dirinya dari segala keburukan.
Diantara gejala yang menunjukkan kecintaan manusia terhadap dirinya sendiri ialah kecintaannya yang sangat terhadap harta, yang dapat merealisasikan semua keinginannya dan memudahkan baginya segala sarana untuk mencapai kesenangan dan kemewahan hidup. (QS, al-Adiyat, 100:8)

Cinta kepada sesama manusia

Dalam kehidupan, manusia tidak dapat hidup sendiri, dan pastinya akan memerlukan pertolongan kepada antar sesama manusia. Dengan menolong antar sesama manusia akan tumbuh rasa cinta dan saling membutuhkan satu sama lain.
Al-Quran juga menyeru kepada orang-orang yang beriman agan saling cinta-mencintai seperti cinta mereka pada diri mereka sendiri. Dalam seruan itu sesungguhnya terkandung pengarahan kepada para mukmin agar tidak berlebih-lebihan dalam mencintai diri sendiri.

Cinta seksual

Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual. Sebab ialah yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerja sama antara suami dan istri. Ia merupakan faktor yang primer bagi kelangsungan hidup keluarga:
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu Istri-istri dan jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan  dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi yang berpikir. (QS, Ar-Rum, 30:21)
Dorongan seksual melakukan suatu fungsi penting. yaitu melahirkan keturunan demi kelangsungan jenis. Lewat dorongan seksual lah terbentuk keluarga. Dari keluarga terbentuk masyarakat dan bangsa. Dengan demikian bumi pun menjadi ramai, bangsa-bangsa saling kenal mengenal, kebudayaan berkembang, dan ilmu pengetahuan dan industri menjadi maju

Cinta kepada Allah

Keutamaan cinta kita, yaitu kepada Allah S.W.T , bagaimana cara kita mennunjuka rasa cinta kita kepada Allah ? Tidak hanya dalam shalat, pujian, dan doanya saja, tetapi juga harus dalam tindakan dan tingkah lakun. Semua tingkah laku dan tindakannya ditujukan kepada Allah, mengharapkan penerimaan dan ridho-Nya:
Katakan1ah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah maha pengampun lagi maha penyayang” (QS, Mi Imran, 3:31).
Keikhlasan manusia kepada Allah akan membuat cinta itu menjadi kekuatan dan pendorong untuk kehidupannya dan menundukkan semua bentuk kecintaan lainnya. Cinta ini pun juga akan membuatnya menjadi seorang yang cinta pada sesama manusia, hewan, semua makhluk Allah dan seluruh alam semesta.

Cinta kepada Rasul

Rasul adalah seorang utusan Allah sebagai pemimpin semua manusia diseluruh alam semesta ini dan merupakan seorang yang sempurna dalam tingkah laku,moral dan sifat, cinta kita kepada Rasul adalah salah satu keharusan kita setelah cinta kepada Allah.
Seorang mukmin yang benar-benar beriman dengan sepenuh hati akan mencintai Rasulullah yang telah menanggung derita dakwah Islam, berjuang dengan penuh segala kesulitan sehingga Islam tersebar di seluruh penjuru dunia. dan membawa kemanusiaan dan kekelaman kesesatan menuju cahaya petunjuk


Kasih Sayang

Kasih sayang merupakan perasaan sayang dan suka kepada seseorang. Ini sering ditunjukan dalam kehidupan rumah tangga dan percintaan muda mudi. Dalam kasih sayang mereka dituntut untuk saling berkorban, jujur satu sama lain,kasih mengasihi, dan mengerti satu sama lain.
Salah satu contoh dalam sebuah kasih sayang, yaitu seperti kasih sayang ibu terhadap anaknya. Anak sudah sejak kecil sampai dewasa dapat tumbuh dengan baik, itu tidak terlepas dari peranan ibu dan ayah yang telah membesarkan mereka penuh cinta kasih dan kesabaran dalam menghadapi anaknya.


Kemesraan

Kemesraan bisa diartikan sebagai hubungan yang berjalan baik dan akrab. Ini biasa terjadi pada hubungan dalam berumah tanggal. Kemesraan pada dasarnya merupakan wujud dari kasih sayang yang mendalam.
Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya. Baik dlam bentuk puisi, lagu dan bacaaan bacaan lainnya.


Pemujaan

Pemujaan bisa dikatakan juga sebagai menyembah kepada Tuhan yang telah menciptakan kita di dunia ini, agar kita bisa berkomunikasi dengan Allah. Dalam islam bentuk penyembahan tersebut seperti sembahyang/solat. Solat itu guna kita untuk berkomuniaksi dengan Allah agar kelas kita dapat diberi petunjuk untuk dunia dan akhirat.Tuhan ttelah menciptakan semua yang ada di alam semesta ini, maka dari itulah kita harus berterimakasih kepad Allah
Seperti dalam surat A1-Furqon ayat 59 - 60 yang menyatakan,  “Dia yang menciptakan langit dan bumi beserta apa-apa diantara keduanya dalam enam rangkaian masa, kemudian Dia bertahta di atas singgasana-Nya. Dia maha pengasih, maka tanyakanlah kepada-Nya tentang soal-soal apa yang perlu diketahui.”
Selanjutnya ayat 60, “Bila dikatakan kepada mereka, sujudlah kepada Tuhan yang maha pengasih. Tuhan adalah pencipta, tetapi Tuhan juga penghancur segalanya, bila manusia mengabaikan segala perintahnya. Karena itu ketakutan manusia selalu mendampingi hidupnya dan untuk menghilangkan ketakutan itu manusia memuja- Nya. Dalam surat Al-Mu‘minum ayat 98 dinyatakan, “Dan aku berlindung kepada-Mu. Ya Tuhanku, dari kehadiran-Nya di dekatku.
Karena itu jelaslah bagi kita semua, bahwa pemujaan kepada Tuhan adalah bagian hidup manusia, Karena Tuhan pencipta semesta termasuk manusia itu sendiri. Dan penciptaan semesta untuk manusia.


Belas Kasih

Belas kasih adalah kebajikan di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian .

Dalam surat Al –Qolam ayat 4,” maka manusia menaruh belas kasihan kepada orang lain, karena belas kasihan adalah perbuatan orang yang berbudi. Sedangkan orang yang berbudi sangat dipujikan oleh Allah SWT.”

Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia mengggugah potensi belas kasihannya itu. Bila orang itu tergugah hatinya maka berarti orang berbudi dan terpujilah oleh Allah SWT.

Contoh berbelas kasih terhadap sesama:

Menolong teman yang sedang membutuhkan pertolongan kita
Berempati terhadap sesame
Iklas dalam setiap melakukan sesuatu


Cinta Kasih Erotis

Kehausan akan penyatuan sempurna akan penyatuan dengan yang lainnya itulah cinta erotis. Keinginan untuk bersatu dan berteman dengan lawan jenis, untuk menghilangkan sepi atau untuk menenangkan suatu naluri seksual. Cinta kasih dapat merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual. Namun apabila penyatuan fisis tadi tidak dilandasi oleh cinta kasih maka hanya akan membawa pada penyatuan yang bersifat pesta pora dan sementara saja. Cinta ini terjadi antara dua orang anak manusia berlainan jenis, yang ingin menyatukan diri mereka untuk mengisi kekosongan hidup dan sebagai teman hidup dalam mengarungi bahtera kehidupan

Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antara orang-orang yang sama-sama sebanding, sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah tanpa daya. Walaupun terdapat perbedaan besar antara kedua jenis tersebut, Keduanya memiliki persamaan pada hakekatnya cinta kasih tidak terbatas kepada seseorang saja. Berlawan dengan kedua jenis cinta kasih tersebut ialah cinta kasih erotis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar